Cara Mengatasi Sayangnya, Setelan Telah Berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya, Setelan Telah Berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya, Setelan Telah Berhenti – Menu setelan atau pengaturan jadi menu yang penting dan sangat di perlukan saat lakukan kostumisasi pada tampilan, aplikasi, suara, SIM Card, dan yang lain. Dan jika fitur Pengaturan alami permasalahan maka tentu saja pengguna tidak dapat melakukan aktivitas multitasking sama sekali.

Setiap buka pengaturan pasti ada pesan error “unfortunately, setting has stopped”, “sayangnya, setelan terhenti”, dan yang lain yang mungkin dapat sedikit berbeda.

Penyebab permasalahan itu dapat bermacam – macam, mungkin karena virus, kerusakan pada sistem atau fitur setting, dan banyaknya tumpukan temporary yang membuat beberapa fitur mengalami error.

Melansir dari https://teknokrad.com anda dapat ikuti beberapa metode di bawah ini.

1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama, coba untuk re-start handphone anda. Ini memungkinkan untuk mengatasi permasalahan dalam menu pengaturan di HP Android anda.

Tetapi ini memiliki sifat tidak pasti, jika bermasalah, coba metode selanjutnya.

2. Pakai Aplikasi Keamanan

Selanjutnya, coba untuk bersihkan cache dan virus dengan aplikasi Keamanan di HP Android anda. Bila anda memakai HP Xiaomi atau OPPO pasti ada aplikasi Keamanan.

Adapun untuk melakukan, anda dapat lihat contohnya di bawah ini.

  1. Langkah awal, membuka aplikasi “Keamanan” yang berada di HP Xiaomi anda. Aplikasi ini umumnya langsung ada di home screen layar dengan icon/ simbol warna hijau. Sesudah dibuka, anda akan melihat tampilan (interface) dari aplikasi itu. Sesudah itu tap “Pembersih”.
  2. Selanjutnya, Aplikasi akan lakukan scanning kesemua file temporary. Bila scanning selesai, anda dapat tap “Bersihkan” untuk bersihkan file cache dan file temporary yang lain.
  3. Selesai.

3. Unroot Handphone

Bila sebelumnya pengaturan di HP Android anda memiliki masalah sesudah melakukan rooting, karena itu peluang rooting tidak berhasil 100% dan hasilkan bugs pada sistem atau aplikasi bawaan.

Untuk mengatasinya, pasti anda perlu lakukan unroot dan diharapkan aplikasi bisa kembali normal. Tetapi jika anda tak pernah lakukan akses root, karena itu anda dapat abaikan metode ini.

4. Up-date OS

Selanjutnya, coba untuk up-date OS di HP Android anda. Gunakan jaringan Wifi untuk mengunduh firmware versi terbaru.

Dengan sistem ini diharapkan handphone bisa normal kembali. Adapun apabila up-date terbaru tidak tersedia, maka anda dapat abaikan sistem ini.

Update OS Android

Membuka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Seterusnya, anda ikuti beberapa langkah up-date Sistem dari ColosOS OPPO.

5. Hard Reset Handphone

Cara ini anda lakukan bukan lewat pengaturan, tapi lewat recovery mode android. Untuk masuk menu recovery mode, tiap Android mempunyai langkah yang tidak sama.

Tapi umumnya recovery mode semakin banyak mengggunakan gabungan tombol power dan volume down.

  1. Pertama, pastikan HP Android pada keadaan mati atau tidak aktif.
  2. Pencet tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama sesaat sampai nanti masuk pada opsional “Recovery Model”.
  3. Tentukan Bahasa “English” untuk mempermudah pilih pilihan.
  4. Tap pada “Wipe Data” dan di teruskan dengan “Wipe Data (Keep SMS, Kontak, dan Photos)”.
  5. Selanjutnya tap “OK” untuk konfirmasi.
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses reset Android berhasil 100%
    Selesai.

Penutup

Begitu penjelasan ringkas mengenai Cara Mengatasi Sayangnya, Setelan Telah Berhenti. Baca juga informasi lainnya terkait teknologi di teknokrad.com. Mudah-mudahan dapat membantu dan berguna.

 

Published
Categorized as Info

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *